Selasa, 16 Oktober 2012

Djisamsoe Festival Indonesia



Kolaborasi Modern dan Tradisional nan Apik
Catatan Jurnalis-Mengisi rangkaian Jelajah Mahakarya Indonesia (JMI) 2012 yang diselenggarakan Djisamsoe dengan menggelar Djisamsoe Festival Indonesia, di Lapangan Udara (Lanud) Sulaiman, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (13/10) malam.
Dalam gelaran tersebut Vicky Sianipar selaku music director, dengan memadukan musik unsur modern dan tradisional sunda, yang dibawakan sejumlah penyanyi, seperti Ian Kasela (Radja), Anji (Drive) dan penyanyi dangdut Ira Swara, Grup Band J'Rock dan /rif.
Kepada wartawan di media centre sebelum pentas Vicky Sianipar mengatakan, dengan memadukan musik unsur modern dengan tradisional dimaksudkan untuk mendorong generasi muda untuk tetap mencintai musik daerah asli, sehubungan saat ini generasi muda Indonesia sudah terbius aliran musik dari luar negeri. " Kita memasukan bunyi-bunyiaan alat musik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia dan memadukan dengan musik modern dan kelihatannya lebih tetap keren," kata Vicky.

riff tampil memukau di pentas Djisamsoe Festival Indonesia, di Lapangan Udara (Lanud) Sulaiman, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (13/10) malam.   DEDEN 

 Sementara itu, Brand Manager Djisamsoe, Robert Gautama mengaku selama 99 tahun keberadaan Djisamsoe tetap eksis. Dan untuk kali dengan Tagline Mahakarya Indonesia dnegan memberi apresiasi masyarakat dalam mengingatkan dan selalu konsisten dengan kebudayan asli, dengan melihat ke depan menggelar unsur kontemporer. Hal ini dilakukannya agar Djisamsoe tetap terlihat baru dan fresh.
 " Saat ini masyarakat Indonesia banyak melirik budaya luar, padahal masih banyak yang bisa ditampilkan di Indonesia," ungkap Robert. Robert mengatakan, pada Djisamsoe Festifal Indonesia, menampilkan 13 lagu, 10 lagu Indonesia yang biasa dibawakan masing-masing penyanyi, serta 3 lagu daerah sunda masing-masing Manuk Dadali, Es Lilin dan Neng Geulis. "Semua lagu repackage dengan aransemen kontemporer, perpaduan musik modern dan tradisional sunda," jelasnya.
J' Rock tampil sebagai openning dengan membawakan beberapa buah lagu, seperti Fallin In Love, serta lagu nostalgia Madu dan Racun. Tak ketinggalan J'Rock juga menyajikan satu lagu yang musiknya memadukan antara musik modern dan tradisional Lampung dengan lagu daerah sunda 'Tokecang'.
Penampilan ke enam perosenel itu mendapat apresiasi dari puluhan ribu penonton datang ke Lanud Sulaiman secara gratis, dengan syarat berusia 18+ dan dibuktikan dengan menunjukkan identitas KTP ataupun SIM, sehingga bisa berdekatan ke panggung, sedangkan yang tidak bisa menunjukkan serta penonton anak-anak hanya diperbolehkan menyaksikan agak berjauhan dari panggung utama.
Trio Ira Swara, Anji dan Ian Kasela tampil dengan membawakan lagu ' Garuda Di Dadaku'. Sedangkan penyanyi dangdut Ira Swara, dalam kesempatan tersebut bersama Ian Kasela tampil duet, membawakan lagu Ikke Nurjanah 'Terlena dan lagu sunda Es Lilin.
Penampilan Ian Kasela yang membawakan hit's Grup Band Peterpan' Topeng' diawali dengan sebuah tarian kolosal oleh para penari laki-laki dan wanita. Alunan lagu sunda juga dinyanyikan Ian Kasella berjudul 'Neng Geulis'. Trio Ira Swara, Anji dan Ian Kasela tampil di penghujung acara dengan membawakan lagu karya Alm. Gomloh 'Kebyar-Kebyar. Sebelumnya sebuah lagu Iwan Fals' Bento' yang dinyanyikan dengan mengajak mendapat sambutan dari penonton yang turut bernyanyi bersama, menambah kemeriahan susana di malam Minggu yang cerah dan sejuk itu.
Di Penghujung acara, tidak ketinggalan grup band dari Bandung /rif turut menghibur penonton, dengan beberapa nomor lagu salah satunya lagu yang pernah hit's 'Raja'. Selain itu, sang vokalis dalam kesempatan tersebut memperkenalkan satu buah lagu yang albumnya akan dirilis bulan depan berjudul 'Aku Ini Cinta', tak ketinggalan Andi juga menyanyikan lagu Lo To Ye dan lagu sunda 'Euis' yang merupakan ciptaan Ibu Kandungnya secara medley.   (Deden .GP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Catatan Jurnalis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger